7 Feb 2014

Apakah Ada Kehidupan di Mars ? Ini Jawabanya..

Dimulainya Kehidupan di Mars Sama dengan Bumi?California - Organisme primitif mungkin telah ada di Mars selama periode kehidupan sedang terbentuk di Bumi. Hal ini disimpulkan ilmuwan setelah mengamati citra yang dikirim robot penjelajah Mars, Opportunity, yang menunjukkan Mars mungkin telah mampu mendukung kehidupan mikroba selama ratusan juta tahun yang lalu.

Opportunity, yang merayakan 10 tahun eksplorasi Mars tahun ini, telah menemukan bukti bahwa air dengan pH netral mengalir di Mars sekitar empat miliar tahun yang lalu. Oportunity mendarat di Mars pada tahun 2004 untuk misi tiga bulan. Namun hingga kini, robot itu masih aktif setelah berada di planet itu selama hampir 10 tahun.

Selama berada di Mars, robot penjelajah ini telah mengidentifikasi bebatuan yang diyakini ilmuwan terbentuk dari mineral. Batuan yang mirip tanah liat itu diduga terbentuk setelah persinggungan yang lama dengan air.

Bukti yang citranya dikirim Oportunity berasal dari sampel yang diambil dari tepi kawah berusia 3,7 miliar tahun, bernama Endeavour, yang diyakini menjadi bukti awal aktivitas air di planet ini.  Jenis tanah liat semacam ini biasanya terbentuk di Bumi saat air mengalir melalui patahan pada batu.

Penjelajah lain, Curiosity, menemukan bukti bahwa kemungkinan Mars dihuni makhluk hidup 3,5 miliar tahun yang lalu.

"keberadaan air ini diduga ada selama jangka waktu yang panjang," kata Ray Arvidson, penulis utama studi dan wakil program Opportunity pada Space.com.

Para ilmuwan percaya bahwa kehidupan pertama dimulai di Bumi hampir empat miliar tahun yang lalu. Profesor Arvidson menunjukkan kehidupan mungkin telah ada di Mars sebelum itu. "Mungkin tidak seluruh Mars," katanya. "Mungkin hanya di bagian-bagian tertentu saja."


Sumber : www.tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk para Commenters diharapkan Komentar dengan kata-kata yang sopan.....

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
.